MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF
Keywords:
Model dan metode pembelajaran, Pengalaman, InovatifAbstract
Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang mendeskripsikan mekanisme sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Desain model pembelajaran dalam tulisan ini yang dianggap sebagai model pembelajaran inovatif yaitu: model personal, model interaksi social, model pemrosesan, dan model modifikasi tingkah laku. Selanjutnya metode pembelajaran merupakan strategi yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan metode mengajar yang dijabarkan dalam artikel ini adalah; metode ceramah, diskusi, tanya jawab, sosiodrama, model latihan /training, karya wisata, dan seminar.
References
Arifin. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang, 1977.
Djamarah Syaiful Bahri,Zain Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesinalisme Guru. Cet. Jakarta: RajaGrafido Persada, 2011.
Uno, Hamsah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kuriklum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Cet, II; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Yamin, Martinus. Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Cet. III; Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta, 200.
Suprihatiningrum Jamil. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2013.
Kellen Roy. Effective Teaching Strategis Lesson From Research And Practice. South Melbourne, Vic.: Thomson Social Science Press, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Saharudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.