Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita di Tk Mutiara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar

Authors

  • St Nurbaya Kadir STAI YAPIS TAKALAR
  • Surahmadayani STAI YAPIS Takalar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Di Tk Mutiara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu begaimana  upaya guru meningkatkan keterampilan berbicara anak di Tk Mutiara dan bagaimana bagaimana upaya meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam keterampilan berbicara dan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan keterampilan berbicara di Tk Mutiara Kecamatan Sanrobone. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian tindakan kelas dilakukan untuk peningkatan mutu atau pemecahan masalah pada sekolompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakannya, yang kemudian diberikan tindakan lanjut yang bersifat penyempurnaan tindakan atau penyusuaian dengan kondisi atau situasi sehingga diperoleh hasil yang lebih baik. Dalam hal ini arti kelas yang lebih spesifik, yaitu kelas adalah sekolompok siswa yang dalam waktu yang sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama juga. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Tk Mutiara, dimana peserta didik tersebut jtidak hanya sebagai obyek yang dikenai tindakan, tetapi juga aktif dalam kegiatan yang dilakukan. Peneliti sebagai guru dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bercerita dengan menggunakan media gambar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi (pengamatan), metode interview (wawancara), metode tes dan metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bercerita di Tk Mutiara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak. Dimana dalam upaya guru meningkatkan keterampilan berbicara anak yang awalnya melalui metode ceramah, namun sekarang akan melalui metode bercerita dengan menggunakan media gambar karena lebih menarik perhatian anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata keterampilan berbicara anak pada pratindakan sebesar 5,42%, meningkat di siklus I menjadi 6,55%, dan meningkat di siklus II mencapai 8,15%.

References

Aisyah, Siti dkk. 2017. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia

Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Masitoh, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran TK. TangerangSelatan.: Universitas

Terbuka.

Paizaluddin & Ermalinda. 2016. Penelitin Tindakan Kelas,Cet. II. Bandung: Alfabeta.

Sadiman,S Arif, dkk.2012.Media Pendidikan, Cet.VI. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Published

2021-05-09

How to Cite

St Nurbaya Kadir, & Surahmadayani. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita di Tk Mutiara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Dahzain Nur, 10(2), 119–129. Retrieved from https://www.e-journal.staiyapistakalar.ac.id/index.php/DahzainNur/article/view/7