PENGALAMAN MAHASISWA DAN PEMBELAJARAN DARING VIA GOOGLECLASSROOM SEBAGAI KOMBINASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI AGAMA ISLAM STAI YAPIS TAKAALR

Authors

  • Alifah Muthmainna STAI YAPIS Takalar

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat manusia membumi. Kondisi seperti itu tidak

segera dilupakan dan dihindarkan dari konstruksi pemikiran dalam dunia pendidikan saat ini. Belajar dari / di Rumah (BDR) adalah solusi terbaru untuk mencegah penyebaran COVID-19. Di era peradaban baru dalam dunia pendidikan kita. Pandemi COVID-19 sudah meresahkan dunia pendidikan. Pandemi Covid-19 telah mengusik proses belajar mengajar secara tatap muka, maka diupayakan segala cara untuk menemukan jawaban yang tepat dalam menyelesaikan masalah-masalah ini. Satu diantara alternatif yang dapat dilaksanakan sebagai upaya untuk  menyelesaikan permasalahan tersebut adalah pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi yang lebih detail tentang pelaksanaan pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPIS Takalar sebagai upaya meminimalisir penyebar luasan COVID-19 di perguruan tinggi. Sampel penelitian yang digunakan yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Tehnik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui video call via whatsapp. Adapun analisis data yang dilaksanakan menggunakan tehnik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah; 1) mahasiswa sudah mempunyai sarana dan prasarana yang memadai sebagai syarat untuk dapat berpartisipasi dalam pembelajaran daring; 2) Pelaksanaan pembelajaran daring dianggap lebih fleksibel dan dapat menumbuhkan kemandirian belajar serta memotivasi mahamahasiswa untuk lebih giat belajar; dan 3) Pembelajaran daring dianggap dapat meminimalisir kerumunan mahasiswa, serta dapat mendorong munmculnya perilaku social distancing, maka dinilai mampu mengurangi potensi penyebar luasan COVID-19 di perguruan tinggi. Pengawasan terhadap mahasiswa yang berada di daerah asalnya, lemahnya sinyal di daerah asalnya, serta biaya yang cukup tinggi menjadi tantangan dalam pembelajaran daring. Manfaat lain dari pembelajaran daring yaitu mampu meningkatkan belajar mandiri, minat serta motivasi, keberanian untuk mempresentasikan ide dan pertanyaan.

References

Asif, A. R., & Rahmadi, F. A. (2017). The relationship between the level of gadget addiction and emotional and behavioral disorders in adolescents aged 11-12 years (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).

Caley, P., Philp, D. J., & McCracken, K. (2008). Quantifying social distancing arising from pandemic influenza. Journal of the Royal Society Interface.

Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Mobile Lecture. Ushuluddin Faculty of UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Enriquez, M. A. S. (2014). Students' Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. gikas

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Daring learning during the Covid-19 pandemic for prospective teachers: barriers, solutions and projections.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition. SAGE Publications.

Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Use of the application (daring application) as a student's learning independence. In seminar national basic education (Vol. 1, No. 01)

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Factors Affecting the Success of Daring Learning in the Industrial Revolution 4.0. In the National Seminar on Computer Technology & Science (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Rahadian, D. (2017). Information and communication technology (tick) and learning technology competencies for quality teaching. Learning Technology, 2 (1). Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. Journal of Autoimmunity.

Published

2021-09-09

How to Cite

Alifah Muthmainna. (2021). PENGALAMAN MAHASISWA DAN PEMBELAJARAN DARING VIA GOOGLECLASSROOM SEBAGAI KOMBINASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI AGAMA ISLAM STAI YAPIS TAKAALR. Dahzain Nur, 11(1), 93–106. Retrieved from https://www.e-journal.staiyapistakalar.ac.id/index.php/DahzainNur/article/view/22