Pengaruh Lokus Pengendalian, Efikasi Diri dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Authors

  • Alifah Muthmainna STAI YAPIS Takalar

Keywords:

Lokus Pengendalian, Efikasi Diri, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar Fisika Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh lokus pengendalian, efikasi diri dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan menggunakan tehnik sampling  Simple Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 200 responden pada siswa kelas X SMA di Jakarta Timur. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian tersebut yaitu:1) lokus pengendalian, efikasi diri, dan sikap ilmiah mempunyai pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika siswa, 2) lokus pengendalian dan efikasi diri mempunyai pengaruh langsung positif terhadap sikap ilmiah siswa. Implikasi kepada siswa dan guru yaitu sebaiknya menciptakan lingkungan belajar yang dapat mengembangkan lokus pengendalian dan efikasi diri untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa.

References

Firti Rasmita, dkk. Pintar Soft Skills. Bandung: Baduose Media, 2009.

Friston, Krista K. Impact of Journaling on Student’s Self Efficacy and Locus of Control, InSight: A Journal of Scholarly Teaching, Vol. 3, 2008.

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, terjemahan Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika, 2014).

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Young Hugh D. dan Roger A. Freedman. Fisika Universitas, terjemahan Endang Juliastuti. Jakarta: Erlangga, 2002.

Published

2021-05-09

How to Cite

Alifah Muthmainna. (2021). Pengaruh Lokus Pengendalian, Efikasi Diri dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Dahzain Nur, 10(2), 27–38. Retrieved from https://www.e-journal.staiyapistakalar.ac.id/index.php/DahzainNur/article/view/8