Pengaruh Lokus Pengendalian, Efikasi Diri dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa
Keywords:
Lokus Pengendalian, Efikasi Diri, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar Fisika SiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh lokus pengendalian, efikasi diri dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan menggunakan tehnik sampling Simple Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 200 responden pada siswa kelas X SMA di Jakarta Timur. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian tersebut yaitu:1) lokus pengendalian, efikasi diri, dan sikap ilmiah mempunyai pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika siswa, 2) lokus pengendalian dan efikasi diri mempunyai pengaruh langsung positif terhadap sikap ilmiah siswa. Implikasi kepada siswa dan guru yaitu sebaiknya menciptakan lingkungan belajar yang dapat mengembangkan lokus pengendalian dan efikasi diri untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa.
References
Firti Rasmita, dkk. Pintar Soft Skills. Bandung: Baduose Media, 2009.
Friston, Krista K. Impact of Journaling on Student’s Self Efficacy and Locus of Control, InSight: A Journal of Scholarly Teaching, Vol. 3, 2008.
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, terjemahan Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika, 2014).
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Young Hugh D. dan Roger A. Freedman. Fisika Universitas, terjemahan Endang Juliastuti. Jakarta: Erlangga, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 alifahmuthmainna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.