Metode Mengajar Perilaku Peserta Didik

Authors

  • Saharudin Sahar STAI YAPIS Takalar

Keywords:

Perilaku, Guru, Peserta Didik

Abstract

Perilaku atau kegiatan individu selalu terjadi dalam interaksi dengan lingkungan eskternal yang meliputi lingkungan, fisik, sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan internal yang mencakup psikologis atau yang timbul dari dirinya sendiri. Interaksi individu dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya penyesuaian diri atau saling mendekatkan diri. Penyesuaian diri dengan lingkungannya atau lingkungan yang diubah/berubah sesuai dengan kepentingan atau keadaan individu. Perilaku atau kegiatan individu mengarah pada suatu hal dan di dorong oleh kekuatan atau motivasi dari seorang guru. Olehnya itu, guru dituntut untuk menggunakan metode atau pendekatan yang berkaitan dengan perilaku siswa misalnya pendekatan yang di tulis dalam makalah, lintas teori, aksi beralasan dan perilaku yang direncanakan, belajar sosial, dan pendekatan ekologi sebagai dampak dari pemberian motivasi untuk menyemangati siswa tersebut. Keberagaman perilaku siswa yang dimiliki di sekolah memberikan pengaruh pembelajaran yang efektif. Adapun kegiatan yang berdampak pada perilaku siswa di sekolah dan efeknya terhadap lingkungan pembelajaran antara lain:  Ujian dan kompetensi, efek belajar, desain kurikulum sekolah, prinsip-prinsip pembelajaran, dan perilaku guru.

References

Alma, Buchari, Guru Profesional: menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2009.

Alang, Sattu. Kesehatan Mental dan Terapi Islam. Makassar: Berkah Utami, 2006.

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Bahri Djamarah, Syaiful. Psikologi Belajar Ed. 2. Cet: 2; Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Berliner, Gage. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 1984.

Durkhaim, Emile. Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1990.

Danim, Sudarwan dan Khairil. Psikologi Pendidikan: Dalam Perspektif Baru. Cet. II; Bandung: Penerbit Alfabeta, 2011.

Fuady, Anwar, Paradigma Baru Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran Learning Is Fun. 27 April 2008, Bandung.

Hadis, Abdul, dkk, Psikologi Dalam Pendidikan. Cet: III; Bandung: Alfabeta, 2010.

Hartati, Netty Hartati dkk. Islam dan Psikologi. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

http://id.scribd.com/doc/57992838/Definisi-ekologi. (Akses Tgl 6 Nopember 2020).

http://gurupkn.wordpress.com/2008/04/27/paradigma-baru-dalam-pendidikan-dan-pembelajaran-learning-is-fun/. (Akses 6 Nopember 2020).

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan. Cet. III: Jakarta: Kencana, 2010.

Syahruddin, Model Pembelajaran (5 Juli 2012) .http://syaharuddin.Wordpress. com/2012/07/05/model-pembelajaran/. (Akses 5 Nopember 2020).

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Cet: 14; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Sayah, Muhibbin, Psikologi Belajar. Cet: 2; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Cet. V; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Cet. XIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.

Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajarana. Cet: I2; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi. Guru. Cet: 4; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Published

2021-05-09

How to Cite

Sahar, S. (2021). Metode Mengajar Perilaku Peserta Didik. Dahzain Nur, 10(2), 66–83. Retrieved from https://www.e-journal.staiyapistakalar.ac.id/index.php/DahzainNur/article/view/5

Most read articles by the same author(s)