EFEKTIVITAS PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SDN 140 INPRES TOMPOTANAH
Abstract
Skripsi ini membahas tentang efeftivitas penerapan ice breaking terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 140 Inpres Tompotanah. Isi sub permasalahannya yaitu 1). Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum ipenerapan Ice Breaking pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam idi SDN 140 Inpres Tompotanah. 2). iBagaimana hasil belajar ipeserta ididik isetelah ipenerapan iIce Breaking ipada imata pelajaran iPendidikan iAgama iIslam di SDN 140 Inpres Tompotanah. 3). Apakah Ada Pengaruh penerapan Ice Breaking pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 140 Inpres Tompotanah. Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan menggunakan model pre experimental dimana pretest dan posttest digunakan untuk mendapatkan hasil penelitian. Ice breaking sebagai metode yang diterapkan kepada ipeserta didik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ice breaking dalam proses belajar mengajar mata Pelajaran Agama Islam efektif atau mampu meningkatakan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara pretest dan pos tes. Nilai t-tes adalah (17.33) lebih besar dari t-table (1.729) pada level signifikan P=0.05 dan df=19. Dapat dikatakan bahwa H0 tertolak sedangkang alternative hypothesis H1 diterima. Berdasarkan data diatas ada peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan ice breaking dikelas. Dengan demikian ice breking efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata Pelajaran Agama Islam di SDN 140 Inpres Tompotanah.




