PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MANONGKOKI

Authors

  • Nurlia Nurlia

Keywords:

Variasi Gaya Mengajar, Motivasi Belajar Peserta didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui variasi gaya mengajar guru akidah akhlak di Madrasah Aliyah Manongkoki, 2) mengetahui motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Manongkoki, 3) mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru akidah akhlak terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Manongkoki. Jenis penelitian ini adalah ex post facto merupakan bagian dari penelitian kuantitatif dengan pendekatan pedagogik. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI yang diperoleh menggunakan random  sampling. Jumlah sampel pada kelas X dan XI berjumlah 21 peserta didik. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan instrumen angket (kuesioner) variasi gaya mengajar dan motivasi belajar peserta didik, dokumentasi dan observasi. Dengan menggunakan analisis data deskriptif menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai rata-rata penggunaan variasi gaya mengajar guru akidah akhlak di Madrasah Aliyah Manongkoki adalah 86.0% yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil dari analisis data pada variabel variasi gaya mengajar guru maka diperoleh nilai t-hitung > t-tabel  atau 12.894 > 1,72913 sehingga dapat disimpulkan bahwa tolak Hipotesis Nol (H0) dan terima Hipotesis Alternatif (Ha) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel variasi gaya mengajar (X) terhadap variabel motivasi belajar peserta didik (Y) di Madrasah Aliyah Manongkoki.

 

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

Nurlia, N. (2025). PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MANONGKOKI. Journal of Islamic Teaching and Learning, 1(2), 15–25. Retrieved from https://www.e-journal.staiyapistakalar.ac.id/index.php/jitel/article/view/324