PROBLEMATIKA PERALIHAN KURIKULUM 2013 MENJADI KURIKULUM MBKM TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMAN 13 TAKALAR
Keywords:
Problematika, Peralihan kurikulum, K13, MBKMAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengerahui penerapan kurikulum 2013 (K13) di SMA Negeri 13 Takalar. 2) Mengetahui penerapan Kurikulum MBKM di SMA Negeri 13 Takalar. 3) Mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik di SMA Negeri 13 Takalar. 4) Mengetahui dampak peralihan dari Kurikulum 2013 (K13) menjadi Kurikulum MBKM terhadap hasil belajar PAI Peserta didik di SMA Negeri 13 Takalar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa panduan wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, operator sekolah, guru, dan siswa di SMA Negeri 13 Takalar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika peralihan kurikulum 2013 menjadi kurikulum MBKM mempengaruhi hasil belajar peserta didikdi SMA Negeri 13 Takalar. Pada masa transisi atau peralihan kurikulum, banyak masalah problematika yang muncul, menyebabkan kesulitan dalam proses pembelajaran. Kesulitan ini tidak hanya dialami oleh pihak keluarga, sekolah, dan guru, tetapi juga oleh peserta didik. Selama proses pembelajaran, tidak hanya guru yang diminta untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif, tetapi peserta didik juga dituntut untuk lebih aktif, kratif, dan terampil dalam sisitem pembelajaran. Perubahan kurikulum ini, menuntut adaptasi dari semua pihak yang terlibat. Guru harus mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, sementara peserta didik harus berperan lebih aktif dalam proses belajar.




