PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SANROBONE

Authors

  • Nurhikma

Keywords:

Pengaruh pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pengelolaan kelas di SMPN 1 Sanrobone, 2) mengetahui keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Sanrobone, 3) mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Sanrobone. Jenis penelitian ini adalah ex post facto merupakan bagian dari penelitian kuantitatif dengan pendekatan pedagogik. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.B, VII.C, VII. D, dan IX.A yang diperoleh menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel 18 peserta didik. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan instrumen angket (kuesioner), dokumentasi dan observasi. Dengan menggunakan analisis data deskriptif menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Rata-rata pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Sanrobone adalah 85,78, yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data pada variabel penggunaan pengelolaan kelas diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,408 dan nilai t-tabel 1.745 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tolak hipotesis Nol (Ho) dan terima hipotesis alternative (Ha) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pengelolaan kelas (X) terhadap keaktifan belajar peserta didik (Y) di SMP Negeri 1 Sanrobone.

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

Nurhikma. (2025). PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SANROBONE . Journal of Islamic Teaching and Learning, 1(2). Retrieved from https://www.e-journal.staiyapistakalar.ac.id/index.php/jitel/article/view/331